Akankah Jose Mourinho menjadi manajer Manchester United selanjutnya?

Akankah Jose Mourinho menjadi manajer Manchester United selanjutnya?

Klub ternama Manchester United diyakini telah mengadakan pembicaraan dengan mantan pelatih Chelsea, Jose Mourinho, mengenai tawaran pekerjaan sebagai manajer klub selanjutnya. Pria berusia 53 tahun ini sangat berharap bisa menggantikan posisi Louis van Gaal di Old Trafford, stadion tempat markas besar Manchester United. Negosiasi antar kedua belah pihak telah dimulai walaupun pihak United masih menutup mulut atas kabar ini.

Tawaran United kepada Mourinho ini diduga sebagai balasan atas berita penunjukkan Pep Guardiola sebagai manajer baru Manchester City di awal minggu ini. Jika Mourinho benar menjadi manajer MU yang baru, maka kedatangan Mourinho akan memicu persaingan kembali antar Mourinho dan Guardiola yang sudah dimulai saat mereka masih berada di Spanyol, saat Mourinho menjadi pelatih Real Madrid pada tahun 2010 dan 2013.

Louis van Gaal, usia 64 tahun, akan meninggalkan MU di akhir season ini, satu tahun lebih cepat dari yang dijadwalkan di kontrak. Tentu saja hal ini akan melapangkan jalan bagi Mourinho yang sudah diketahui oleh khalayak umum bahwa ia sangat bersemangat untuk mendapatkan peluang besar menjadi pelatih MU.  Seperti diketahui pemecatan pria asal Belanda ini dikarenakan tidak mampu membawa Manchester United lolos ke dalam kualifikasi Liga Champion tahun ini.

Banyak asumsi yang beredar bahwa Ryan Giggs, asistan van Gaal, merupakan salah satu kandidat manajer selain Mourinho. Pria berusia 42 tahun ini magang menjadi manajer United sejak pemecatan David Moyes pada April tahun 2014. Walaupun belum ada pembicaraan resmi mengenai tawaran pekerjaan kepada Giggs, namun umum tidak akan heran jika Giggs dengan senang hati akan menerima tawaran ini. Dan sepertinya Giggs tidak akan senang jika Mourinho bertindak sebagai mentornya, tidak seperti saat van Gaal menjadi mentor.

Karir Mourinho bersama Chelsea dibagi menjadi dua masa. Masa pertama adalah masa keemasan bagi Mourinho yang terjadi dari tahun 2004 sampai tahun 2007 dimana ia berhasil membawa Chelsea mendapatkan dua kali gelar juara Liga Premier pada masa itu. Kali kedua ia memimpin Chelsea ia tidak mampu memberikan hasil yang diharapkan bahkan ia harus pergi meninggalkan Chelsea hanya 7 bulan setelah ia menerima pekerjaan. Mourinho memulai season ini dengan awal yang sangat buruk. Chelsea kalah 9 kali dalam 16 pertandingan pertama liga. Mourinho berpisah dengan tim saat Chelsea berada dalam posisi ke 16 di liga, satu posisi di atas zona terbawah liga.

Selain itu Mourinho juga berseteru dengan tim medis klub terutama dengan dokter klub Eva Carneiro. Mourinho mengatakan bahwa tim medis klub The Blues sangat “naïf” karena tiba-tiba datang berlari ke pitch untuk mengobati gelandang tengah Eden Hazard saat pertandingan melawan Swansea Agustus kemarin. Carneiro mengundurkan diri sebagai dokter klub pada tanggal 22 September dan mengajukan gugatan hukum terhadap Mourinho dan klub Chelsea.

Mourinho diketahui tidak pernah menyembunyikan kekagumannya terhadap MU, terutama kekagumannya terhadap manajer legendaris Sir Alex Ferguson. Mourinho pernah membuat pernyataan pada tahun 2009 bahwa ia ingin bertanding melawan yang terbaik dan United adalah tim dengan pemain-pemain juara dengan pelatih super Alex Ferguson. Namun saat pengumumun berhentinya Ferguson pada tahun 2013, Mourinho malah menyatakan kesetiannya terhadap Chelsea. “Aku akan menolak semua tawaran pekerjaan terbaik di dunia, pekerjaan di Manchester United, semuanya, hanya untuk Chelsea” katanya.

Ada laporan bulan lalu bahwa Mourinho membuat surat sepanjang enam halaman yang menyatakan kecocokannya sebagai manajer Manchester United, namun pada akhirnya surat tersebut ditolak oleh agensi karena dianggap terlalu “absurd”. Gelar juara yang berhasil diraih selama Jose Mourinho berkarir sebagai manajer adalah dua kali juara Liga Champion, satu kali juara FA Cup, satu kali juara La Liga, tiga kali juara Liga Premier, tiga kali juara League Cup, dan satu kali juara Copa del Rey. Akankah mimpi Jose Mourinho mengambil posisi manajerial di Old Trafford terwujud? Mari kita sama-sama menanti hasil perundingan kedua belah pihak antara MU dan Mourinho.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *